//HUT Ke-29, PDAM TIRTA HANDAYANI TINGKATKAN LAYANAN KERJA

HUT Ke-29, PDAM TIRTA HANDAYANI TINGKATKAN LAYANAN KERJA

Direktur Utama PDAM Tirta Handayani menerima ucapan selamat dari Bupati Gunungkidul Badingah dalam puncak Peringatan HUT Ke-29 PDAM Tirta Handayani di Alun-Alun Wonosari, kemarin (23/12)

              Beridiri Tahun 1989 yang sebelumnya berstatus Badan Pengelola Air Minum (BPAM) menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) bertugas memberikan pelayanan air minum bagi seluruh masyarakat secara adil dan merata, serta terus menerus yang memenuhi syarat-syarat kesehatan dan menjadi salah satu Penyumbang pendapatan asli daerah (PAD).

          Dengan moto kerja “ Melayani dengan sepenuh hati, tanpa henti menjadi landasan dalam profesionalisme kerja. Seiring berjalanya waktu dari Tahun ke tahun PDAM mengalami peningkatan jangkauan layanan, saat ini jumlah SR (sambungan rumah) yang sudah mencapai  47.268 SR menjadi motivasi untuk selalu memenuhi kebutuhan air baku dan meingkatkan kompetensi dan kualitas sumber daya manusia dalam pengelolaan perusahaan.

           Gunungkidul yang terdiri 18 Kecamatan, 144 Desa, 1.416 Dusun, 1.583 RW dan 6.844 RT Jumlah penduduk 756.024 Jiwa . Secara umum beriklim tropis dengan curah hujan yang relatif rendah, serta secara topografi tanah berupa perbukitan kapur,  jenis batuan yang tidak dapat menyimpan air, sehingga air banyak yang lepas melalui celah-celah batu kapur, menjadi tolak ukur dalam meningkatkan efisiensi proses produksi dan distribusi.

        Direktur Utama PDAM, Isnawan Febrianto, SE.MM menjelaskan “ PDAM Tirta Handayani Gunungkidul sudah bisa melayani 55,32 % dari total jumlah penduduk Gunungkidul, dan selain itu untuk cakupan pelayanan PDAM adalah 80,51 % dari total jumlah penduduk dalam wilayah pelayanan PDAM.”

         Isnawan sendiri juga menegaskan untuk terus meningkatkan dan mengembangkan pelayanan PDAM , dengan jumlah pelanggan 47,268 saat ini,  beliau berupaya akan terus meningkatkan jumlah pelanggan ditahun tahun kedepanya. “Dari tahun ke tahun kuota mengalami perkembangan jumlah pelanggan, Tahun 2014 misalnya, jumlah pelanggan baru 38.081 kemudian bertambah menjadi 45,466 pelanggan, pada tahun 2017.

       Semakin bertambahnya pelanggan PDAM dari tahun ke tahun menjadi salah satu faktor yang paling utama ,Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi destinasi dibidang pariwisata, tidak hanya wisata ada beberapa aset Gunungkidul yang belum ter exsplore seperti makanan, Budaya , ragam kerjainan dll.

       Hal inilah yang mengakibatkan Gunungkidul menjadi salah satu tujuan utama orang singgah dan tinggal di Gunungkidul. Potensi Potensi ini yang mendorong  PDAM untuk selalu melakukan pengembangan penambahan pelanggan di setiap tahunya. Dibalik semua itu , untuk meyelaraskan pelayanan PDAM ,saat ini juga mengutamakan kemudahan dalam Hal Pelayanan pembayaran, jalinan kerjasama PDAM saat ini sudah meluas dan efisien, untuk mempermudah dalam pembayaran , PDAM bekerja sama dengan Kantor Pos,BPD DIY,BRI,BNI,BTN,PPOB (Teleanjar) dan Fortuna Mediatama.

     Sebagai wujud syukur Tahun ini PDAM Tirta Handayani Menggelar peringatan HUT Ke-29 yang puncaknya  diselenggarakan di Alun-alun Pemda Gunungkidul , Minggu (23/12/2018) pagi.Acara dalam rangka Ulang Tahun ke-29 itu diikuti oleh pelanggan setia PDAM di seluruh Gunungkidul. Acara dimeriahkan dengan lomba senam antar Persatuan Wanita Olahraga Seluruh (PERWOSI) antar kecamatan se-Gunungkidul

Peserta Lomba senam dari PERWOSI  dan pelanggan PDAM Tirta Handayani Gunungkidul
Peserta Lomba senam dari PERWOSI dan  pelanggan PDAM Tirta Handayani Gunungkidul
Peserta Lomba senam dari PERWOSI dan  pelanggan PDAM Tirta Handayani Gunungkidul
Peserta Lomba senam dari perwosi dan masyarakat pelanggan PDAM Tirta Handayani Gunungkidul

      Dengan Tema PDAM “Sehat, Berprestasi, Dan Berkerimanusiaan ” Menjadi motivasi untuk lebih dekat dengan masyarakat dan meningkatkan pelayanan lepada pelanggan PDAM.Tidak hanya itu rangkaian HUT Ke-29 PDAM Tirta Handayani, dimulai dari lomba tumpeng antar bagian , lomba kebersihan antar kantor unit dan cabang,

      Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME, jajaran dewan pengawas, Direksi, staf PDAM Tirta Handayani menyelenggarakan  Doa bersama dan potong tumpeng. Tidak lupa akan semboyan “Jasmerah” Direksi bersama staf bersilaturahmi dengan melakukan anjangsana ke mantan direksi PDAM Tirta Handayani. Tidak hanya senam yang diperlombakan,sesuai tema “Sehat, Berprestasi,dan Berkemanusiaan” untuk mendekatkan dan kepedulian masyarakat Gunungkidul,  PDAM juga menyelenggarakan donor darah dan  pemeriksaan kesehatan Gratis.

lomba tumpeng antar bagian Kantor PDAM Tirta Handayani Gunungkidul
Lomba tumpeng antar bagian Kantor PDAM Tirta Handayani Gunungkidul
Anjangsana dan silaturhami ke mantan direksi PDAM Tirta Handayani Gunungkidul
Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Donor Darah oleh Petugas PMI Gunungkidul

            Direktur Utama PDAM Tirta Handayani, Isnawan Fibriayanto,SE.MM mengatakan, “acara peringatan HUT PDAM ke-29 berjalan dengan lancar, meski hujan sempat mengguyur, Acara terus berlangsung meriah, antusias peserta sangat luarbiasa, acara dimulai sejak pukul 06.00WIB, berjalan dengan tertib hingga berakhirnya acara dengan pembagian door prize dan  hadiah utama seekor sapi kepada pelanggan yang beruntung”Ujarnya.

           Peringatan hari jadi ini memiliki banyak makna, selain menjadikan bahan refleksi untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, Isnawan Febriyanto  juga mengkakui masih ada kendala dalam hal pasokan air yang belum lancar, adanya instalasi yang rusak, dan titik –titik kebocoran, hingga keterbatasan sumber yang dimiliki. Namun, kami tetap berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan,evaluasi demi peningkatan mutu dan kualitas pelayanan kepada pelanggan,” imbuhnya.

     Dihadiri pula Bupati Gunungkidul Hj.Badingah,S.Sos dan beberapa pejabat daerah Gunungkidul. Badingah mengucapkan selamat kepada PDAM Tirta Handayani. Ia pun berharap dengan bertambahnya usia dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam upaya mengatasi permasalahan air bersih di Gunungkidul.

Sambutan Bupati Gunungkidul, Hj.Badingah, S.Sos saat perayaan HUT Ke-29, PDAM Tirta Handayani Gunungkidul

                Sebagai perusahaan milik pemerintah kabupaten Gunungkidul,  PDAM memiliki peran strategis karena sebagai salah satu solusi dalam memberikan layanan air bersih ke masyarakat. “Peran dari PDAM harus dioptimalkan sehingga layanan air bersih ke masyarakat dapat diwujudkan,” kata Badingah.